Tepat dalam Pancasila menjadi gambaran bahwa Indonesia sejatinya adalah

Tepat
pada tanggal 1 Juni 1945, Soekarno mengorasikan “…Marilah kita semua ber-Tuhan.
Hendaknya negara Indonesia ialah negara yang tiap-tiap orangnya menyembah Tuhan
dengan cara leluasa. Segenap rakyat hendaknya ber-Tuhan secara kebudayaan,
yakni dengan tiada ‘egoisme agama’. Dan hendaknya negara Indonesia satu negara
yang ber-Tuhan. Marilah kita amalkan, jalankan agama, baik Islam maupun Kristen,
dengan cara yang berkeadaban Apakah cara yang berkeadaban itu? Ialah hormat
menghormati satu sama lain.”

 

            Pidato tersebut secara gambling menerangkan
bahwa Indonesia bangsa yang membenarkan adanya Tuhan – dibangun pada dasar keyakinan
akan zat agung yang ikut berperan serta dalam kemerdekaan bangsa ini. Sila Ketuhanan
Yang Maha Esa yang menduduki urutan pertama dalam Pancasila menjadi gambaran
bahwa Indonesia sejatinya adalah negara yang ber-Tuhan dan hendaklah setiap
warga negara berpegang teguh pada keimanan terhadap Tuhan berdasarkan keyakinan
masing-masing.

We Will Write a Custom Essay Specifically
For You For Only $13.90/page!


order now

            Ketuhanan sebagai hakikat manusia
sebagai makhluk Tuhan itu sudah pasti. Manusia tidaklah begitu saja ada di
dunia tanpa ada sebab hal tersebut terjadi. Sebab dari segala sebab, yakni Tuhan.
Sejak manusia hadir ke dunia, manusia sudah terikat dengan Sang Pencipta
melalui hukum Tuhan yang mengatur segala aspek kehidupan manusia. Hukum
tersebut semata-mata untuk menjadikan manusia tetap manusia jiwa dan raga tanpa
terkecuali.

            Menengok keadaan negeri ini sekarang;
petinggi negara yang rakus akan kekuasaan, korupsi yang semakin budaya, hukum dan
politik dipermainkan, ketegangan antargolongan yang masih bermunculan,
pembunuhan sadis merajalela, ancaman teror yang terus mengintai, saling
menghujat dan mengujar kebencian, dan segudang permasalahan lain yang merusak
kehidupan antarsesama manusia – menjadikan religiusitas “Ketuhanan Yang Maha
Esa” semu seakan tidak berarti.

            Ketuhanan dengan segala sifatnya
mustahil untuk diimplementasikan seutuhnya dalam kehidupan manusia, sebab
manusia tidak akan pernah menyamai dan menjadi Tuhan. Namun, disadari atau tidak,
nilai-nilai religiusitas sudah ada dalam diri manusia atas kodratnya sebagai
makhluk Tuhan. Religiusitas tersebut teraktualisasi dalam agama yang dianut
oleh masing-masing individu sesuai dengan keyakinannya masing-masing dan
termaktub dalam kitab pedoman yang telah disediakan untuk umat manusia dalam
menjalani hidup. Kemajemukan agama yang ada di Indonesia pun memungkinkan
munculnya beragam perspektif dalam memaknai ketuhanan itu sendiri.

            Disisi lain, manusia diberi
kebebasan untuk menentukan jalan hidupnya sendiri sesuai dengan kehendaknya.
Sifat liberal manusia inilah yang menggerakkan manusia untuk patuh atau
melanggar aturan Tuhan tersebut. Bahkan manusia pun dapat memilih meyakini Tuhan
tersebut atau tidak meyakininya sama sekali. Sifat tersebut didasari oleh
hakikat lain yang melekat dalam diri manusia, yakni nafsu. Disinilah jiwa
religiusitas manusia diuji. Manusiakah yang mengendalikan nafsu atau justru
nafsu yang mengendalikan manusia. Oleh sebab itulah, manusia dibekali akal
sebagai mesin penggerak jiwa religiusitas dalam menggendalikan nafsu itu
sendiri.

 

Pentingnya berpegang
pada religiusitas

            Religiusitas tidak mengenal
kesewenang-wenangan dalam bentuk apapun. Indonesia, negara yang didirikan atas
kepentingan bersama sebagai usaha kolektif mewujudkan kemerdekaan bangsa hingga
menjadi keutuhan yang bulat, tidak sesuai apabila dikendalikan dengan kepemimpinan
yang dictator, otoriter dan tiran. Prinsip kepemimpinan bangsa ini adalah
keyakinan adanya zat yang berkuasa diatas yang berkuasa, yakni Tuhan Yang Maha
Esa. Dengan keyakinan atas kekuasaan Tuhan tersebut, seorang pemimpin akan
terjaga perilakunya akan hal-hal yang dapat menjatuhkan dirinya sendiri,
bawahannya  dan juga rakyatnya – yang
hanya mementingkan urusan golongannya sendiri tanpa mempedulikan aspirasi
rakyat secara umum.

            Melekatnya religiusitas dalam diri
manusia pula sebagai sensor yang menjamin manusia menjauhi hal-hal yang
menghalalkan segala cara untuk memenuhi nafsu ‘kebinatangan’ yang sudah jelas
merugikan. Manusia sebagai makhluk religius artinya sifat-sifat Tuhan direalisasikan
dalam diri manusia itu sendiri dalam segala aspek kehidupan. Meskipun manusia
tidak akan pernah menyamai Tuhan, dengan mengamalkan sifat-sifat Tuhan, kearifan
dalam bertindak akan muncul dengan sendirinya dan menjadi pemandu nafsu manusia
dalam berpikir jernih dan bertindak rasional.

 

Keberagaman bukan
halangan dalam menjalani ketuhanan.

            Indonesia adalah negara yang kaya
akan keberagaman keyakinan dan agama. Tidaklah mengherankan apabila keberagaman
tersebut menimbulkan perbedaan pendapat dalam menghadapi suatu realitas yang
terjadi. Adakalanya pula suatu agama membenarkan sesuatu sedangkan agama lain
menolaknya. Ditambah lagi dengan stigma mengenai agama tertentu masih melekat
dalam pemikiran dan benak beberapa orang menambah deretan isu keagamaan di
negeri ini. Setiap masing-masing individu bebas mengemukakan gagasannya
mengenai ketuhanan, namun tercerai-berai karena disparitas tidak akan
menjadikan Indonesia hebat tetapi miskin akal sehat.

            Menanggapi persoalan yang timbul berkaitan
dengan isu keagamaan dan keyakinan dengan menghakimi bersalah suatu agama dan
keyakinan tertentu yang belum pasti kebenarannya atau membalas dengan ujaran
kebencian bukanlah tindakan yang bijak dalam beragama. Tindakan ekstemist
memang tidak dapat dibenarkan. Oleh sebab itu, religiusitas memandu kita untuk
terhindar dari tindakan diluar batas dan yang terpenting menjaga kerukunan
hidup berdampingan dalam perbedaan.

            Keberagaman
yang kita miliki bukan untuk saling mengungguli atau menjatuhkan antara yang
satu dengan yang lain, melainkan untuk saling mengenal serta memahami perbedaan
yang ada, sehingga menimbulkan rasa pengertian dan hormat-menghormati satu sama
lain. Janganlah menjadi masyarakat apatis, tetapi jadilah masyarakat yang
kritis dalam menanggapi suatu fenomena. Ingatlah kembali kondrat hakiki kita
sebagai manusia, makhluk Tuhan. Religiusitas mengawasi dan membatasi kebebasan
manusia agar manusia menjadi humanis yang sesungguhnya, bukan menjadi manusia menghantui
dengan tindakan yang mengancam hingga menghancurkan kehidupan sesama manusia.

            Tuhan  kita boleh berbeda, begitu pun agama dan
keyakinan kita. Akan tetapi, hal tersebut bukanlah alasan untuk melakukan
tindakan diluar batas kemanusiaan, penghalang pemersatu bangsa, berbeda
pendapat yang tidak ada titik temunya, hingga aksi diskriminasi yang berujung
kesenjangan hanya karena berlainan agama dan keyakinan. Religiusitas berperan
sebagai upaya untuk menempuh kearifan dalam berpikir dan bertindak rasional dalam
berbagai konteks. Percayalah bahwa manusia dengan segala keterbatasannya mampu
menggapai sesuatu yang tidak terbatas dengan bermodal kepercayaan kepada Tuhan
yang Mahakuasa tanpa harus menafikan kepentingan orang lain serta tetap berada
dalam jalan kebenaran dalam menempuh cita-cita pembangunan bangsa dalam naungan
perlindungan-Nya.